Senin, 14 Mei 2012

RAHASIA Memiliki Sikap Mental yang KUAT

Sikap mental yang kuat dan positif sangat dibutuhkan dalam berbagai hal, termasuk dalam menjalani kehidupan kita sehari hari. Pengertian sikap mental yaitu : dari kata “sikap” adalah Respon atau potensi yang sering juga disebut pendorong secara individu untuk bereaksi terhadap suatu keadaan atau segala hal yang terjadi dalam lingkungan kita . Hal ini bisa di artikan bahwa kita semua mempunyai sikap atau respon ( pendorong ) untuk melakukan hal yang tadinya hanya kita dengar atau kita lihat. sikap ini yang akan membentuk suatu kreatifitas ketika kita mau mengembangkannya.
kata mental dapat diartikan sebagai rangakaian sistem abstrak yang hidup dalam pikiran dan perasaan mengenai respon apa yang harus di anggap penting dan berharga dalam hidup kita. Dengan mental yang kuat kita mampu bertahan dari terpaan aral melintang yang menimpa kita, kesimpulannya mungkin kita akan mempunyai nilai hidup tersendiri yang positif jika kita mempunyai mental yang kuat.
Sikap mental adalah suatu kemungkinan yang akan terjadi pada diri seseorang  sehingga mempunyai konsepsi atau perilaku yang muncul dari jiwanya sebagai reaksi atau respon atas situasi yang mempengaruhinya. Semoga kita semua mempunyai sikap mental yang positif karena itu akan mempengaruhi kita dalam kehidupan sehari hari mulai dari kedisiplinan, kemampuan , ketrampilan, dan kreatifitas kita.
Sikap mental lemah adalah ekspresi penyikapan yang dilandaskan pada kesimpulan kalah oleh realita, hanyut ke dalam realita, pengertian kalah di sini, adalah kegagalan kita menemukan bagian spesifik dari realita yang tepat untuk memberdayakan diri kita.
Sikap mental kuat adalah ekspresi penyikapan yang dilandaskan pada kesimpulan menang, Sehingga mampu merespon setiap keadaan ( realita ) dengan respon yang positif, maka dengan kekuatan mental yang kuat tersebut mampu membuat kehidupan kita menjadi lebih sukses, lebih baik, bahkan harapan dan impian yang kita inginkan dapat tercapai menjadi kenyataan di kehidupan kita
Mengapa kita perlu memilih sikap mental kuat  ?
Perbedaan pola sikap mental yang kita gunakan dalam melihat dan merespon  kenyataan ( realita ), akan menciptakan perbedaan kesimpulan mental (hasil makna) yang kita pahami. Perbedaan kesimpulan akan membedakan keputusan, dan perbedaan keputusan akan membedakan (rencana) tindakan, perbedaan tindakan akan membedakan kebiasaan dan perbedaan kebiasaan akan membedakan karakter (prilaku menghadapi hidup) dan perbedaan di tingkat karakter akan membedakan perbedaan tanggapan (feedback) yang dikeluarkan oleh kehidupan kepada kita. Mungkin inilah sedikit urut-urutan dari kesimpulan yang sering kita dengar bahwa: “Dunia di dalam, akan menentukan dunia di luar”. “Nasib adalah pilihan, bukan hadiah dari peluang”, batu bisa hanya sekedar menjadi batu tetapi bisa pula menjadi patung yang bernilai tinggi,  Nasib tidak akan berubah jika kita tidak mau merubahnya.
Jadi… segala sesuatu banyak tergantung pada orangnya. Kata-kata “tergantung orangnya” ini menunjuk sikap mental (mental attitude), respon dan strategi yang kita pilih untuk menyikap hidup, jalan hidup yang kita gunakan untuk mendapatkan keinginan, dan seterusnya. “Hidup ini adalah pilihan “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar